New Keynesian Macroeconomics Model for Indonesia


Pada akhir-akhir ini para akademisi banyak mengkaji model New Keynesian Small Mecroeconomic merupakan model makroekonomi yang dikembangkan pada pertengahan tahun 90-an sebagai respon dari Lucas Criteque atas model makroekonmi Keynesian (IS-LM) pada waktu awal tahun 80-an. Perbaikan yang dilakukan atas model keynesian yaitu dengan membangun model berdasarkan basis mikroekonomi (optimasi house hold dan firm) serta memasukan aspek rational ekpectation.

Pada awalnya model New Keynesian Small Macroeconomic ini dibangun untuk model ekonomi tertutup untuk small country (dalam arti bahwa pengaruh suatu negara kecil terhadap perekonomian dunia). Kemudian pada sekitar awal tahun 2000-an model berkembang untuk ekonomi terbuka. Inti utama (model standar) model New Keynesian Small Macroeconomic ini adalah mengandung tiga persamaan yaitu persamaan aggregate demand (yang dibentuk dari optimasi intertempotal consumption dari house hold); persamaan aggregate supply (yang dibentuk dari maksimalisasi discounted future profit perusahaan); serta persamaan monetary rule (Taylor rule).

Pada saat ini para peneliti masih terus mengembangkan berdasarkan model standar tersebut dengan melakuan spesifikasi khusus antara lain: pada persamaan aggergate supply; menambahkan faktor kapital; menambahkan faktor harga minyak. Demikian pula, model tersebut telah banyak digunakan oleh Bank Sentral di beberapa negara dan digunakan oleh IMF sebagai forecasting and policy analysis sistem Model (FPAS) untuk mengevaluasi makroekonomi bagi negara- negara anggotanya.

Materi lengkap dapat di-download klik disini.

Bookmark and Share

5 Tanggapan

  1. Saya minta tolong agar dikirimi tulisan lengkap artikel di atas. Terima kasih atas bantuannya.

  2. Sudah saya kirim paper tersebut tapi masih working progress. Silahkan komentar sebagai masukan untuk saya.

    Salam

    Sanjoyo

  3. Mas Sanjoyo, apa kabar? Masih ‘ngasisteni ekonometri di Pasca FEUI?. BTW, saya butuh info seputar New Keynesian macro model for Indonesia, bisa tolong dikirim filenya?, thanks a lot

  4. Baik baik aja Mas Achmad. Sudah saya kirim file nya, tapi mas working progrees yaa.

    Tk, Sanjoyo

  5. tlg bhas kasus2 di indo yg da hub.nya dgn prekonomian trbukan trtu2p m.keynesian & classic
    thx

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s