Peran Sektor Publik Dalam Akumulasi Human Capital Dan Kapasitas Research & Development


Dalam teori economic growth, sumber-sumber pertumbuhan ekonomi- sources of growth – berasal dari kemampuan suatu negara dalam mengembangkan potensi sumberdayanya. Makin besar kuatitas dan makin tinggi kualitas sumber daya tersebut, maka makin besar pula potensi suatu negara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya. Faktor yang penting dalam sumber-sumber pertumbuhan adalah; natural resources, capital, saving, dan perkembangan teknologi. Kekayaan natural resources akan sangat membantu perekonomian suatu negara, walaupun belum cukup bila tidak didukung oleh skill penduduk untuk mengekplorasi natural resources.

Baik capital dan saving juga merupakan faktor produksi sebagai unsur dominan untuk pertumbuhan ekonomi dimasa yang akan datang. Demikian pula, perkembangan teknologi dapat diterima secara luas sebagai sumber pertumbuhan ekonomi. Hal ini dikarenakan bahwa teknologi memungkinkan bagi produsen untuk memproduksi lebih banyak dengan tingkat input yang sama. Perkebangan teknologi bergantung pada kemampuan ilmu pengetahuan dan kualitas pendidikan suatu negara serta seberapa besar perhatiannya pada penelitian dan pengembangan.

Hasil studi empiris tentang economic of growth menunjukan bahwa adanya hubungan yang kuat pembangunan ekonomi suatu negara dengan kapasitas human capital negara tersebut. Namun demikian, hubungan dinamis antara economic growth dengan human capital dan research & development baru dapat dijelaskan sejak tahun 1980-an ketika Romer dan Lucas menjelaskan hubungan tersebut dengan endogenus growth model atau new growth theory.

Dalam paper ini akan mencoba untuk menjelaskan secara singkat sejarah perkembangan economics of growth theory dan mengulas secara singkat inti dari model neoclasical dan model endogenous growth. Kemudian, paper ini akan menjelaskan peran akumulasi human capital dan research & development dalam pembangunan ekonomi. Terakhir, paper ini akan mengulas peran sektor publik dan implikasi kebijakan dalam proses akumulasi human capital dan insvestasi R&D untuk memberikan kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi.

Ringkasan artikel dalam Bahasa Inggris.

Artikel lengkap dalam  Bahasa Indonesia


Bookmark and Share

7 Tanggapan

  1. Yth. Bpk Sanjoyo

    Saya saat sedang menyusun skripsi S1 bidang ekonomi. Apabali tidak keberatan boleh saya mendapatkan bahan tersebut secara lengkap?

    Salam
    Farahgina

  2. Baik Ibu Farahgina, sudah saya kirim tulisan lengkap (dalam pdf) ke alamat email Anda. Semoga bermanfaat.

    Salam

    Sanjoyo

  3. Yth. Pak Sanjoyo
    Saya sedang membuat paper tentang Human Capital.
    Bila tidak keberatan, saya ingin mendapatkan paper bapak secara lengkap yang nantinya akan saya gunakan sebagai Referansi.

    Terimakasih sebelumnya
    Rk

  4. Yth Pak Sanjoyo.
    Saya sedang membuat paper human capital.
    Boleh saya meminta full paper bapak sebagai referensi?

  5. Mas Rikky,
    Sudah saya email paper tersebut.

  6. yth. bapak sanjoyo,

    saya bersyukur menemukan referensi tentang endogenous growth theory dan saya penasaran dengan pengolahan data dari paper yang bapak susun. jika bapak berkenan, apakah saya bisa mendapatkan versi lengkap paper bapak ini?

    terima kasih

    • @Tantri
      Silahkan didownload aja.

      Salam
      sanjoyo

Tinggalkan Balasan

